Sabtu, Juli 25, 2009

Penawaran

Pengertian
Penawaran adalah jumlah barang / jasa yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga pada waktu dan tempat tertentu.

Hukum penawaran
Semakin tinggi tingkat harga suatu barang / jasa maka akan semakin banyak jumlah barang / jasa yang ditawarkan. Semakin rendah tingkat harga suatu barang / jasa maka akan semakin sedikit jumlah barang / jasa yang ditawarkan.

Macam penawaran

  • Penawaran potensial, yaitu penawaran terhadap suatu barang kepada konsumen yang tidak diikuti daya beli yang cukup
  • Penawaran efektif, yaitu penawaran terhadap suatu barang yang diikuti dengan daya beli konsumen yang cukup

Faktor yang mempengaruhi penawaran
  • Harga barang tersebut
Jika harga barang naik, maka penjual akan menambah jumlah barang yang akan dijual. Dan jika harga barang turun, jumlah barang akan dikurangi.
  • Jumlah pedagang
Jika terjadi perubahan banyaknya pedagang, maka akan terjadi perubahan jumlah barang yang ditawarkan, walaupun tidak mengalami perubahan harga.
  • Harga barang lain
Barang-barang lain yang termasuk dalam barang substitusi dan komplementer akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang dijual.
  • Harga masukan
Kenaikan harga masukan seperti bahan baku, tenaga kerja, dan mesin, akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang dijual.
  • Tingkat teknologi yang digunakan
Kemajuan teknologi akan menimbulkan kenaikan penawaran karena kemajuan teknologi akan menambah keuntungan.
  • Harapan / tujuan para pedagang
Jika suatu perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan, maka biasanya perusahaan tersebut akan menambah jumlah barang yang dijual.

Kurva penawaran
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan pada harga dan waktu tertentu.
Garis kurva penawaran berjalan dari kiri bawah ke kanan atas.

Comments :

0 komentar to “Penawaran”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by 1001Karya.blogspot.com